Harian Sederhana, Depok – Memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait layanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan melakukan jemput bola melalui kegiatan BPJS Kesehatan Mobile Customer Service.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Irfan Qadarusman mengutarakan Mobile Customer Service merupakan titik layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.
“Hadirnya kegiatan Mobile Customer Service akan semakin mendekatkan dan meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat. Diharapkan masyarakat semakin mudah dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan Program JKN-KIS,” ungkap Irfan, Selasa (10/12/2019).
Aktivitas Mobile Customer Service, katanya lagi, dilaksanakan setiap hari kerja maupun hari libur (sesuai kebutuhan) dengan sasaran pasar, desa/kelurahan/kecamatan, fasilitas kesehatan, dan car free day/event.
“Aktivitas ini sendiri sebenarnya bukan hal yang baru. Kami sudah melaksanakan sejak tahun lalu dan keliling kelurahan. Jadi secara bergantian kami mendatangi kelurahan-kelurahan di Kota Depok ini untuk membuka layanan,” ujarnya.
Irfan mengungkapkan bahwa jenis layanan yang dapat diberikan dalam Mobile Customer Service, yaitu pelayanan cepat (fast track) di antaranya pendaftaran baru Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), penambahan anggota keluarga PBPU dan BP, pendaftaran Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) baik secara kolektif maupun individu, dan pendaftaran pekerja yang badan usahanya belum mendaftar.
Selanjutnya, pelayanan perubahan data, cetak kartu dan pembayaran iuran seperti perubahan data Peserta Bantuan Iuran (PBI), perubahan data PPU PN, perubahan identitas peserta (NIK, nama, TTL, alamat), perubahan FKTP, perubahan kelas rawat, perubahan status kepesertaan, perubahan nomor handphone dan alamat email, mutasi kurang data anggota keluarga PBPU, penggantian kartu lama, hilang/rusak, perbaikan data ganda, pembayaran iuran, penonaktifan dan pengaktifan kembali WNI di luar negeri. Serta ketiga yaitu layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.
“Keberadaan Mobile Customer Service ini membuat masyarakat tidak perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan. Karena semua urusan-urusan terkait JKN-KIS bisa dilakukan melalui Mobile Customer Service. Sehingga akan lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga,” ujar Irfan.
Irfan berharap agar Program JKN-KIS dapat berjalan dengan optimal. Ia pun meminta dukungan dari semua pihak agar Program JKN-KIS dapat berjalan dengan baik.
“Karena itu, saya berharap kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan dan memaksimalkan keberadaan Mobile Customer Service,” tutupnya. (*)









